Jumat, 22 Mei 2009

Self Responsibility


Apa yang terlintas saat kita mendengar atau melihat kata "responsibility atau sebuah tanggung jawab "? Beberapa banyak orang akan mendefisinisikan sebagai sebuah kewajiban yang harus diselesaikan dan ditangani sedemikian rupa sehingga memberikan hasil yang terbaik. Responsibility bisa menangani beberapa masalah yang cukup kronis ,baik dalam sisi positive maupun negative.

Arti Sebuah Tanggung Jawab yang akan saya sharingkan disini mungkin berbeda dengan apa yang biasa kita pahami dan kita lihat, dimana Mostly people thinks bahwa Tanggung jawab itu lebih banyak kepada orang lain ataupun hal-hal yang sedang kita kerjakan, seperti Tanggung jawab Pekerjaan kantor, Tanggung jawab Keuangan perusahaan, Tanggung jawab Membangun suatu hubungan, Tanggung jawab menyelesaikan Tugas kuliah , Tanggung jawab dalam Rumah tangga/Keluarga dan masih banyak lagi..

Beberapa Tanggung jawab yang saya bahas diatas adalah Tanggung jawab External atau tanggung jawab kita kepada hal-hal disekeliling kita ataupun kewajiban atas sebuah pekerjaan,Tetapi Disisi lain ada yang disebut Tanggung jawab Personal atau Self Responsibility yang nyaris hilang di era modern seperti ini. Banyak faktor mengapa banyak orang hampir kehilangan Self responsibility, Tentu saja faktor-faktor eksternal yang lebih kuat sehingga rasa tanggung jawab sendiri itu seperti tidak muncul atau mudah hilang dan tidak disadari.

Banyak orang Lupa dan tidak sadar bahwa Self responsibility adalah hal yang sangat penting selain tanggung jawab eksternal terutama dalam pengembangan diri dan pendewasaan seseorang. Self Responsibility dibagi atas 2hal yaitu : Jasmani dan Rohani. Saya memberikan perumpamaan dengan istilah Self management yang artinya pengendalian , control dan pengembangan diri seseorang.

Yang Pertama adalah Tanggung jawab Jasmani dimana sebuah tanggung jawab fisik dan kemampuan verbal kita yang didalamnya menyangkut personal development, antara lain Merawat penampilan, Menjaga kesehatan, Mengembangkan kemampuan , pengetahuan dan kekuatan personal ( skill, knowledge and ablility ). Tanpa kita sadari saat ini banyak bidang usaha baru yang maju pesat berdasarkan penelitian dan kebutuhan akan tanggung jawab pribadi. Tempat kesehatan seperti gym center, beauty clinic, modern hospital adalah contoh konkrit perlunya tanggung jawab jasmani. Disisi lain untuk pengembangan karakter telah banyak dibuka sekolah minat dan bakat seperti John robert P**** yang mengasah kemampuan bakat, talent dan communication skill. Seminar-seminar motivasi semakin ramai, lahirnya buku-buku self improvement. ini semua hadir untuk memenuhi dan menyadari pentingnya tanggung jawab terhadap diri kita sendiri.

Yang kedua suatu hal yang tidak kalah penting adalah Tanggung jawab Rohani, ini merupakan tanggung jawab atas hidup dan iman kita dalam memandang sebuah kehidupan. Iman, Pikiran dan Perasaan adalah sesuatu yang tidak akan lepas dalam hidup kita. Saya memberi istilah tanggung jawab jasmani adalah Softwarenya dan jasmani adalah hardwarenya. Siapapun diri kita pasti butuh cinta kasih, rasa saling menghargai dan bersosialisasi, dan disinilah suatu kepribadian seseorang akan terbentuk dan menjadikan sebuah jati diri yang melekat dalam diri masing-masing orang. Singkat kata, kita bertanggung jawab atas apa yang kita imani, apa yang kita pikirkan dan atas perasaan kita.

Semakin besar sebuah tanggung jawab eksternal yang harus diselesaikan membutuhkan sebuah kesiapan diri dan mental untuk mengerjakannya. Bagaimana kita bisa melakukan pekerjaan di kantor atau usaha dengan baik bila kita sakit? Ini adalah sebagian kecil pertanyaan yang membuat kita sadar betapa pentingnya Tanggung jawab atas diri sendiri.

Segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik dan segala sesuatu yang terlalu kurang juga akan memberikan dampak yang buruk, KESEIMBANGAN adalah jawabannya, Semoga dengan membaca tulisan saya kali ini, bisa lebih menyadarkan kita akan pentingnya menjaga, melatih, dan mengembangkan rasa tanggung jawab terhadap diri kita sendiri.

"Kesehatan , Kebahagiaan , Kepintaran, Kebijaksanaan, Kemakmuran, dan Kesejahteraan akan tampak lebih jelas dan mudah dicapai bila kita memahami , menggabungkan dan melaksanakan tanggung jawab Pribadi dan sosial dengan lebih baik"

"Love YourSelf Or Feel Like Nothing"

PS ~Be your Life Personal Advisor ~

Tidak ada komentar: